MAKALAH
PENYUSUNAN
PROGRAM SEMESTER (PROMES)
Disusun
Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Perencanaan Sistem Pembelajaran PAI
Dosen
Pengampu : Fathur Rohman, M.Pd.I
Disusun oleh :
1.
Ahmad Ainurrizal (141310003100)
2.
Uswatun Khasanah (141310003121)
3.
As’ad Ulin Nuha (141310003161)
Kelas : 5 PAI A 2
FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NAHDLATUL ULAMA
JL. TAMAN SISWA (PEKENG) TAHUNAN JEPARA 59427
TAHUN AJARAN 2016
KATA
PENGANTAR
Assalamu’alaikum.
Wr. Wb.
Alhamdulillah, Segala Puji Syukur senantiasa tercurahkan
kepada Allah SWT atas rahmat dan karunia-Nya, sehingga makalah ini dapat terselesaikan dengan segala
kesalahan dan kekurangannya, guna memenuhi tugas mata kuliah “Perencanaan
Sistem Pembelajaran PAI”. Sholawat serta salam tidak lupa kita haturkan kepada
Baginda Nabi Muhammad SAW, dan semoga kita semua termasuk umatnya yang kelak
mendapatkan syafa’atnya kelak di hari qiamat. Āmīn.
Makalah ini telah kami susun semaksimal mungkin dan kami
juga mendapatkan bantuan dari berbagai pihak sehingga dapat memperlancar
pembuatan makalah ini. Untuk itu kami menyampaikan banyak terima kasih kepada
semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembuatan makalah ini.
Meskipun kami sebagai penyusun berharap isi dari makalah ini
bebas dari kesalahan dan kekurangan. Namun, tentunya kami menyadari bahwa kami
hanyalah manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan dan kekurangan dan
kesempurnaan itu hanya milik Allah semata. Oleh karena itu, kami sebagai
penyusun mengharapkan kritik dan saran yang membangun demi sempurnanya lapoaran
ini diwaktu mendatang. Semoga Allah SWT memberkahi makalah ini, sehingga dapat
memberikan manfaat kepada kita semua. Āmīn...
Wassalamu’alaikum.
Wr. Wb.
Jepara, Desember 2016
Penyusun
DAFTAR
ISI
Halaman
Judul
Kata
Pengantar....................................................................................................
i
Daftar
Isi.............................................................................................................
ii
BAB
I PENDAHULUAN................................................................................. 1
A. Latar
Belakang......................................................................................... 1
B. Rumusan
Masalah.................................................................................... 1
C. Tujuan
Penulisan...................................................................................... 1
BAB
II PEMBAHASAN................................................................................... 2
A. Pengertian
Promes.................................................................................... 2
B. Urgensi
Promes........................................................................................ 2
C. Langkah-langkah
Penyusunan Promes..................................................... 3
D. Manfaat
Promes....................................................................................... 5
E. Fungsi
Perencanaan Pembelajaran............................................................ 13
BAB
III PENUTUP........................................................................................... 17
A. Simpulan.................................................................................................. 17
B. Saran......................................................................................................... 18
DAFTAR
PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar belakang
Di dalam pembelajaran yang
dinamakan pemikiran sangatlah dibutuhkan. Khususnya di dalam perkuliahan,
mahasiswa harus dapat mendeskripsikan implementasinya. Implementasi merupakan
suatu proses penerapan ide, konsep, kebijakan, atau inovasi dalam suatu
tindakan praktis sehingga memberikan dampak, baik berupa perubahan pengetahuan,
keterampilan maupun nilai dan sikap.
Berdasarkan uraian diatas,
dapat dikemukakan bahwa pembelajaran dan penilaian adalah operasionalisasi
konsep KTSP yang masih bersifat potensial (tertulis) menjadi actual dalam
bentuk kegiatan pembelajaran.
Pengembangan KTSP mencakup
berbagai pengembangan program yang salah satu diantaranya adalah program semester. Program semester yaitu
berisikan garis-garis besar mengenai hal-hal yang hendak dilaksanakan dan
dicapai dalam semester tersebut. Program semester ini merupakan penjabaran dari
program tahunan
B. Rumusan
masalah
1. Apa
pengertian dan komponen dari program semster ?
2. Bagaimana
urgensi program semester ?
3. Bagaimana
langkah-langkah penyusunan program semester ?
4. Apa
manfaat promes ?
5. Apa
fungsi perencanaan pembelajaran ?
C. Tujuan
penulisan
1. Mengetahui
pengertian dan komponen dari program semster
2. Mengetahui
urgensi program semester
3. Mengetahui
langkah-langkah penyusunan program semester
4. Mengetahui
manfaat promes
5. Mengetahui
fungsi perencanaan pembelajaran
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Program
Semester
Menurut
KBBI, program adalah program dalam sistem persekolahan yang mempersiapkan
sejumlah mata pelajaran yang diperuntukkan bagi siswa yang ingin melanjutkan
studi. Sedangkan semester adalah
satuan waktu yang digunakan untuk penyelenggaraan program pendidikan. Kegiatan yang dilaksanakan dalam
semester itu ialah kegiatan tatap muka, praktikum, keraja lapangan, mid
semester, ujian semester dan berbagai kegiatan lainya yang diberi penilaian
keberhasilan.
Dalam program pendidikan semester
dipakai satuan waktu terkecil, yaitu satuan semester untuk menyatakan lamanya
satu program pendidikan. Masing-masing program semester sifatnya lengkap dan
merupakan satu kebulatan dan berdiri sendiri. Pada setiap akhir semester
segenap bahan kegiatan program semester yang disajikan harus sudah selesai
dilaksanakan dan mahasiswa yang mengambil program tersebut sudah dapat
ditentukan lulus atau tidak.
Program
semester ialah program yang berisikan garis-garis besar mengenai hal-hal yang
hendak dilaksanakan dan dicapai dalam satu semester. Program semester ini
merupakan penjabaran dari program tahunan.
Program semester berisikan
garis-garis besar mengenai hal-hal yang hendak dilaksanakan dan dicapai dalam
semester tersebut. Program semester ini merupakan penjabaran dari program
tahunan. Kalau program tahunan disusun untuk menentukan jumlah jam yang
diperlukan untuk mencapai kompetensi dasar, maka dalam program semester
diarahkan untuk menjawab minggu keberapa atau kapan pembelajaran untuk mencapai
kompetensi dasar itu dilakukan.
Pada umumnya program semester ini
berisikan tentang bulan, pokok bahasan yang hendak disampaikan, waktu yang
direncanakan, dan keterangan-keterangan. Komponen-komponen
program semester meliputi:
1.
Identitas (satuan pendidikan, mata
pelajaran, kelas, semester),
2.
Kompetensi inti,
3.
kompetensi dasar,
4.
materi pokok,
5.
kegiatan pembelajaran,
6.
indikator,
7.
penilaian (teknik, bentuk instrumen,
contoh instrumen),
8.
alokasi waktu,
9.
sumber belajar, dan karakter.
Format untuk
program semesteran dapat dilihat pada halaman berikut ini.
PROGRAM SEMESTER
Nama
Sekolah :
Mata
Pelajaran :
Kelas :
Semester :
SEMESTER GANJIL
|
|||||||||||||||||||
NO
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI
|
ALOKASI WAKTU
|
BULAN
|
BULAN
|
BULAN
|
||||||||||||
TEKS
|
|||||||||||||||||||
1.
|
Dari
format semesteran di atas maka tampak jelas bahwa program ini pada dasarnya
sebagai penjabaran dari program tahunan. Cara pengisian program di atas adalah
sebagai berikut:
1.
Tentukan
Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) yang ingin dicapai. Dalam hal
ini guru tidak perlu merumuskan SK dan KD, sebab semuanya sudah ditentukan
dalam Standar Isi (SI), yakni pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
yang sudah kita kenal , kecuali kalau kita memang diharuskan merumskan SK dan
KD sendiri, misalnya dalam merumuskan kurikulum Muatan Lokal (Mulok).
2.
Lihat
program tahunan yang telah kita susun untuk menentukan alokasi waktu atau
jumlah jam pelajaran setiap SK dan KD itu.
3.
Tentukan
pada bulan dan minggu keberapa proses pembelajaran KD itu akan dilaksanakan.
B.
Urgensi Program Semester
Bila seorang guru mengajar tanpa membuat prota dan
promes maka yang terjadi adalah banyak guru yang keteteran menyelesaikan materi
yang akan diberikan kepada siswanya, bahkan ada guru yang tidak dapat
menyelesaikan materinya.
Pertama, Kemungkinan keterlambatan materi disebabkan
oleh kurangnya siswa menangkap materi yang disajikan sehingga guru harus
mengulang-ulang materi agar kelas yang diampunya dapat tuntas. Konsekuensinya
adalah menambah alokasi waktu untuk materi tersebut, dampaknya justru
berpengaruh pada SK dan KD yang lain.
Kedua, Tidak ada peta materi dalam hitungan semester
dan tahun, peta materi penting untuk mengetahui distribusi materi terhadap
alokasi waktu. Peta materi yang dimaksud tidak lain adalah Program tahunan
(Prota) dan Program semester (Promes), kedua program ini disusun untuk menjadi
pedoman dan batasan guru untuk menyajikan materi terhadap alokasi waktu, apakah
selama satu semester atau selama satu tahun pelajaran.
Beberapa akibat
yang timbul oleh tidak adanya Prota dan Promes, antara lain:
1.
Materi tidak tuntas
2.
Tidak jelas alokasi waktu per SK dan
KD
3.
Ulangan tidak terkontrol berdasarkan
SK dan KD
4.
Pemetaan SK dan KD tidak terstruktur
dan sistematik
5.
Pembagian materi per semester tidak
jelas
Dan masih
banyak lagi, karena begitu pentingnya Prota dan Promes maka guru sebelum
melaksanakan pembelajaran harus menyelesaikan kedua program ini. Sebagian guru
menjelaskan bahwa sebelum menyusun RPP sebagai rencana skenario pembelajaran,
maka Promes dan Prota harus disiapkan terlebih dahulu, sehingga pembagian
pertemuan pembelajaran dapat terdistribusi secara keseluruhan berdasarkan SK
dan KD dengan mempertimbangkan alokasi waktu yang tersedia.
C.
Langkah-langkah
Penyusunan Program Semester
1.
Memasukkan
KD, topik dan sub topik bahasan dalam format Program Semester.
2.
Menentukan
jumlah jam pada setiap kolom minggu dan jumlah tatap muka per minggu untuk mata
pelajaran.
3.
Mengalokasikan
waktu sesuai kebutuhan bahasan topik dan sub topik pada kolom minggu dan bulan.
a. Hitung
alokasi waktu dalam setahun berdasarkan kalender pendidikan yang diterbitkan oleh satuan pendidikan..
Hal – hal yang
diperhatikan adalah :
1. banyaknya
pekan dalam setiap bulan
2. jumlah
pekan efektif per bulan (pekan dimana terjadi KBM)
3. jumlah
pekan tidak efektif (pekan dimana tidak terjadi KBM misal HUT Sekolah, Hari
libur umum dan lain-lain)
4. total
pekan, pekan efektif, pekan tidak efektif per tahun.
b. Hitung
alokasi waktu per semester
Hal-hal yang
diperhatikan sama dengan perhitungan alokasi waktu dalam setahun.
c. Menentukan
jumlah jam efektif per semester
Hal-hal yang
diperhatikan adalah :
1. Banyaknya
pekan efektif pada perhitungan alokasi waktu per semester dikurangi pekan tidak
efektifnya. Contoh : Pekan dalam semester ini 26 pekan, yang tidak efektif 9
pekan maka pekan efektif adalah 26-9=17 Pekan.
2. Jam
efektif semester adalah hasil perkalian pekan efektif dengan jumlah jam
pelajaran per minggu. Misal : Fisika kelas VII Jumlah jam per minggu 2 jam/
kelas. Maka jam pelajaran efektif per semester adalah 17 x 2 jam pel = 34 jam
pel.
d. Distribusi
alokasi waktu
Hal-hal yang
diperhatikan adalah :
1. Hitung
banyaknya kompetensi dasar dalam semester berjalan.
2. Tentukan
kedalaman dan keluasan materi pada Kompetensi Dasar tersebut.
3. Sebarkan
jam efektif yang telah dihitung pada setiap Kompetensi Kasar berdasarkan
keluasan dan kedalamannya.
4. jabarkan
hasil penyebaran tersebut pada matriks yang telah dilengkapi dengan bulan dan
minggu selama 1 semester dengan memperhatikan juga minggu / hari tidak efektif.
4.
Membuat
catatan atau keterangan untuk bagian-bagian yang membutuhkan penjelasan.
D.
Manfaat Promes
1.
Mempermudah seorang guru dalam
proses pembelajaran selama satu semester.
2.
Sebagai petunjuk arah kegiatan dalam
mencapai tujuan pembelajaran yang dilakukan
3.
Sebagai pola dasar dalam mengatur
tugas dan wewenang bagi setiap unsur yang terlibat dalam kegiatan pembelajaran
4.
Sebagai pedoman kerja bagi setiap
unsur, baik guru maupun murid
5.
Sebagai alat ukur keefektifan suatu
proses pembelajaran sehingga setiap saat dapat diketahui ketepatan dan
kelambanan kerja
6.
Untuk bahan penyusunan data agar
terjadi keseimbangan kerja
7.
untuk menghemat waktu, tenaga,
alat-alat, dan biaya
E.
Fungsi perencanaan pembelajaran
1.
Dapat berfungsi sebagai acuan bagi
guru untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar agar lebih terarah dan
berjalan efisien dan efektif.
2.
Berfungsi sebagai peganggan seorang
guru dalam pembelajaran.
3.
Dapat berfungsi
untuk mengukur setiap waktu yang diperlukan dalam menyampaikan bahan
pelajaran tertentu, dan menghitung jam pelajaran efektif.
4.
Berfungsi sebagai pencapaian tujuan dalam
menyampaikan materi. Melalui perencanaan yang baik, maka proses dan hasil
belajar dapat dilakukan secara seimbang.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Program semester sudah menjadi tugas setiap guru untuk selalu
mempersiapkan perangkat pembelajaran setiap bulannya. Tapi kadang-kadang karena
kesibukan hal yang seharusnya menjadi prioritas kita menjadi prioritas kita
jadi terlewatkan. Jadi wajar saja jika namanya rencana pelaksanaan
pembelajaran, program semester, program tahunan biasanya juga akan tertinggal (
menyusun untuk dikerjakan). Program semester berisikan garis-garis besar
mengenai hal-hal yang hendak dilaksanakan dan dicapai dalam semester tersebut.
B. Saran
Dengan adanya penugasan membuat makalah ini, marilah kita semakin bersemangat di dalam proses belajar mengajar agar apa yang kita cita-citakan dapat tercapai dan juga marilah kita melakukan yang terbaik di dalam kehidupan kita.
Dengan adanya penugasan membuat makalah ini, marilah kita semakin bersemangat di dalam proses belajar mengajar agar apa yang kita cita-citakan dapat tercapai dan juga marilah kita melakukan yang terbaik di dalam kehidupan kita.
DAFTAR PUSTAKA
Hamalik, Umar. Kurikulum berbasis kompetensi. 2004.
Bandung : PT Rosda karya
Syah, Darwyn dkk. Perencanaan System
Pengajaran Pendidikan Agama Islam. 2007. Jakarta : Gaung Persada Perss.
Sanjaya, Wina. Perencanaan Dan Desain System
Pembelajaran. 2008. Jakarta : Prenada Media Grup,
Arikunto, Suharsimi. Penilaian program
pendidikan, Cet 1(Jakarta: PT. BINA AKSARA, 1988)
IZIN COPY
ReplyDeletehttps://gudangmakalah165.blogspot.com/?m=1
ReplyDeleteizin copy
ReplyDeleteizin copy
ReplyDelete